Kamis, 04 September 2014

Masa Pensiun Tiba. Siapkah Anda?

Kehidupan pensiun seperti apa yang Anda inginkan? Bisa mengajak cucu Anda berjalan-jalan ke tempat menyenangkan dan membelikannya hadiah-hadiah, atau berlibur bersama pasangan kemanapun tempat yang Anda inginkan dan menikmati makanan enak di restoran atau kafe? Sudah cukupkah tabungan Anda untuk melakukan itu?

Menyiapkan dana pensiun tentu tidak mudah karena Anda harus berhadapan dengan berbagai kebutuhan saat ini dengan biaya yang cukup tinggi, sementara Anda harus menyisihkan dana untuk kepentingan 20 hingga 30 tahun ke depan. Namun, apabila itu tidak dilakukan sedini mungkin, pada akhirnya Anda akan terus dibebani dengan masalah kebutuhan keuangan keluarga pada masa pensiun atau hari tua.

Setidaknya ada tiga faktor penting yang harus Anda pahami ketika menyiapkan dana pensiun.
(1)  Faktor inflasi dan tingkat suku bunga karena biaya hidup setiap tahun pasti meningkat. Inflasi dan besarnya tabungan Anda belum tentu cukup untuk masa mendatang.

(2)  Kedua, perkiraan besarnya biaya hidup Anda per tahun saat pensiun nanti. Anda dapat mengalikan biaya kebutuhan hidup per tahun saat ini dengan rata-rata inflasi setiap tahun. Sebagai contoh, jika usia Anda saat ini 35 tahun dan pengeluaran rata-rata Anda sebesar Rp 25 juta per tahun, maka prediksi biaya hidup Anda pada usia 55 hingga 60 tahun ialah Rp 80 hingga 100 juta per tahun dengan asumsi inflasi sebesar 6% per tahun.

(3)  Faktor ketiga ialah resiko. Hal yang tidak dapat kita perkirakan dan kita duga, yaitu resiko yang dapat menimpa kita sehingga kita tidak produktif lagi, seperti resiko sakit, kecelakaan, cacat, bahkan kematian yang dapat mengancam investasi rutin Anda.

Dengan melihat ketiga faktor tersebut, Anda sebaiknya harus menyiapkan dana pensiun dari sekarang. Jika perusahaan tempat Anda bekerja memiliki dana pensiun lembaga keuangan (DPLK), pastikan Anda ikut berpartisipasi karena itu menguntungkan. Namun, lebih baik lagi jika Anda juga bisa merencanakan dana pensiun Anda sendiri, salah satunya melalui produk dana pensiun sekaligus asuransi jiwa. Melalui produk dana pensiun asuransi jiwa, Anda akan terkondisi untuk mendisiplinkan diri dalam hal menabung secara rutin melalui pembayaran premi setiap tahun. Keuntungan lainnya ialah Anda sekaligus mendapatkan manfaat proteksi dari segala faktor risiko, seperti sakit, kecelakaan, hingga kematian di kemudian hari. 
Ilustrasi:



Untuk kenyamanan hidup Anda pada hari tua, segeralah tentukan pilihan. Milikilah  program investasi yang dirancang khusus untuk merencanakan dan mengelola investasi dana pensiun agar tersedia kesinambungan penghasilan yang optimal pada usia pensiun. (yap/adapted from Pride Magz/photo credit: Google)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar